Tuesday, March 19, 2013

Pengertian Pemeriksaan Operasional

      Pemeriksaan operasional sering juga disebut sebagai pemeriksaan manajemen, pemeriksaan kinerja, pemeriksaan system, pemeriksaan efisiensi dan berbagai istilah lainnya. Defenisi pemeriksaan operasional menurut Drs. Amin Widjaja Tunggal, Ak. MBA (2001:7) adalah Operational Auditing adalah suatu proses yang sistematis dari penilaian efektivitas, efisiensi dan ekonomisasi operasi suatu organisasi yang di bawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian beserta rekomendasi untuk perbaikan.
Pengertian Pemeriksaan Operasional
Pengertian Pemeriksaan Operasional
     Definisi lain dari beberapa ahli tentang perngertian Pemeriksaan Operasional yang telah Kreasi Kita peroleh yakni sebagai berikut:
  1. Menurut Dale L Flesher dan Steward Siewert. Pemeriksaan operasional adalah pencarian cara-cara untuk memperbaiki efisiensi dan efektivitas, pemeriksaan operational dapat mempertimbangkan sebagai suatu bentuk kecaman yang konstruktif.
  2. Menurut William P. Leonard. Pemeriksaan operasional adalah suatu pengujian yang menyeluruh dan konstruktif dari struktur organiasi suatu perusahaan, lembaga atau cabang dari pemerintah, atau setiap komponen daripadanya, seperti suatu divisi atau departemen, dan rencana dan tujuannya, alat operasinya, dan utilisasi manusia dan fasilitas fisik 
  3. Menurut Leslie R Howard. Pemeriksaan operasional adalah penyelidikan suatu usaha dari tingkat yang tertinggi kebawah agar meyakinkan apakah manajemen yang sehat berjalan seluruhnya, dengan demikian memudahkan hubungan yang paling efektif dengan dunia luar dan organisasi yang paling efisien dari jalannya organisasi intern secara lancar
  4. Menurut Taylor dan Perry. Pemeriksaan operasional adalah metoda untuk menilai efisiensi manajemen pada seluruh tingkat organisasi secara lebih khusus
  5. Casler dan Crochett (1982). Suatu proses yang sistematis untuk menilai efektivitas organisasi, efesiensi dan ekonomi operasi dibawah pengendalian manajemen dan melaporkan kepada orang yang tepat hasil dari penilaian bersama dengan rekomendasi untuk perbaikan.
  6. BN. Tandon, S Sudharsanam dan S Sundharabahu (1996). Pemeriksaan operasional adalah pengujian, penelaahan dan penilaian berbagai kebijakan dan tindakan dari manajemen.
       Nah, Sobat semua... Demikian saja yang dapat Kreaasi Kita bagikan.. Secara sadar, postingan di atas masih jauh dari kesempurnaan.. Untuk itu, Kreasi Kita sangat membutuhkan masukkan dari Sobat semua demi penyempurnaan post ini kedepan.. Thanks sebelumnya..

No comments:

Post a Comment