Sunday, January 6, 2013

Efektifitas

      Efektifitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat, dimana pencapaian tujuan haruslah sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( 1989,219), Efektif berarti Manjur, mujarab atau dapat membawa hasil.
      Menurut Peter Drucker, dalam buku Manajemen (1984,7) dijelaskan bahwa arti dari “Efektifitas (Effectiveness) adalah : Pengukuran dalam arti tercapainya sasaran atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Bila sasaran atau tujuan telah sesuai dengan yang direncanakan atau tujuan telai tercapai sesuai dengan perencanaan sebelumnya dinamakan efektif.
      Sebaliknya, ketika tujuan atau sasaran tidak selesai dengan waktu yang telah direncanakan atau ditentukan, dinamakan tidak efektif. Dalam buku Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen karangan Drs. Soewarno Handayaningrat (1982,5) H. Emerson mengemukakan bahwa efektifitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, dengan kata lain bahwa seorang pimpinan efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda (cara) yang tepat untuk pencapaian tujuan. (Drs. Soewarno Handayaningrat, 15).
      Maka, efektifitas itu lebih menekankan bagaimana menemukan program, tujuan atau pekerjaan atau target yang benar untuk dilakukan sehingga tujuan akhir dapat tercapai lebih maksimal.

No comments:

Post a Comment