3/07/2013

Pengertian Organisasi

      Sobat semua, kata “Organisasi” memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Ditambah lagi sebelumnya Kreasi Kita telah membagikan kepada kita semua tentang Fungsi pengorganisasian. Nah, hal tersebut tentunya dapat dipahami lebih jelas ketika pemahaman tentang organisasi sudah dimengerti. Selamat membaca ya..
Pengertian Organisasi
Pengertian Organisasi
      Menurut Richard A. Johnson, dkk (2002:35) bahwa organisasi didefenisikan sebagai kumpulan orang, barang dan mesin dan sumber-sumber lain yang menghubungkan penyempurnaan tugas melalui rangkaian saling pengaruh dan bersatu padu ke dalam suatu sistem sosial. James D. Mooney (2002:23) menyatakan dengan sederhana pengertian dari organisasi, yakni “bentuk setiap perserikatan manusia untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
       Sedangkan Dexter Kimball & Dexter Kimball, Jr (2002:23) mengemukakan bahwa organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan merinci hubungan-hubungan yang harus ada diantara satuan-satuan dan orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktifitas sesungguhnya adalah cara kerja manajemen. John D. Millet (2002:25) menambahkan bahwa organisasi merupakan kerangka struktur dalam mana pekerjaan dari banyak orang dilakukan untuk pencapaian maksud bersama. Sebagai demikian itu adalah suatu sistem mengenai penugasan pekerjaan diantara kelompok-kelompok orang yang mengkhususkan diri dalam tahap-tahap khusus dari suatu tugas bersama.
      Selanjutnya, Louis A. Allen (1993:28) merumuskan organisasi sebagai Proses menetapkan dan mengelompokkan pekerjaan yang dilakukan, merumuskan serta melimpahkan tanggungjawab dan wewenang, dan menyusun hubungan-hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara efektif dalam mencapai tujuan-tujuannya. Organisasi dapat dikatakan bukanlah hanya sekedar orang-orang yang berkumpul saja dan bukan pula hanya sekedar pembagian kerja, namun organisasi merangkum kesemua hal dimana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
      Dalam organisasi, ada proses yang berjalan dan dijalankan dimana proses tersebut satu sama lain punya keterkaitan dan menjadi satu kesatuan yang utuh dalam pencapaian tujuan. John M. Pfiffner & Frank P. Sherwood (1993:31) mengemukakan bahwa organisasi adalah Pola keadaan dimana sejumlah orang banyak mempunyai teman yang berhubungan langsung dengan semua yang lain, dan menangani tugas-tugas yang kompleks, menghubungkan mereka sendiri satu sama lain dengan sadar, penentuan dan pencapaian yang sistematis dari tujuan-tujuan yang saling disetujui. Michael J. Jucius (1993:33) juga berpendapat bahwa Organisasi dipakai untuk menunjukkan pada suatu kelompok orang yang bekerja dalam hubungan yang saling bergantung kearah tujuan atau tujuan-tujuan bersama. 
      Sobat pembaca, dari berbagai defenisi atau pengertian organisasi yang dipaparkan, maka untuk mempermudah penangkapan pengertian dapatlah kiranya disusun suatu defenisi organisasi secara sederhana dan dapat diterapkan dalam praktek dimana organisasi merupakan sistem saling pengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...