Thursday, March 21, 2013

Pengertian Persediaan

      Setiap perusahaan yang melakukan proses produksi selalu mengadakan persediaan. Tanpa adanya persediaan, perusahaan akan dihadapkan pada resiko bahwa perusahaannya suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan/konsumen yang memerlukan barang atau jasa yang dihasilkan.
Pengertian Persediaan
Pengertian Persediaan
      Istilah persediaan bukanlah sesuatu hal yang baru lagi di kalangan masyarakat, tetapi mengenai pengertian tersebut tidaklah semua orang tahu. Dalam mengungkapkan arti daripada persediaan seringkali terdapat perbedaan-perbedaan dalam pengungkapan istilah di kalangan para ahli. Untuk itu peneliti akan mengemukakan beberapa pendapat tentang pengertian persediaan sebagai berikut:
  1. Pengertian persediaan menurut Freddy Rangkuti (2002:1), yaitu: “Persediaan adalah suatu aktiva yang meliputi barang-barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode tertentu, atau persediaan barang-barang yang masih dalam pengerjaan atau proses, ataupun persediaan bahan baku yang menunggu penggunaannya dalam suatu proses produksi”.
  2. Menurut Roger G. Schoeder (2000:304), pengertian persediaan yaitu: “Pengertian persediaan adalah sejumlah bahan yang berguna untuk memudahkan produksi dan memuaskan permintaan pelanggan”.
  3. Sedangkan menurut Suyadi Prawirosentono (2000:61), pengertian persediaan adalah “Persediaan dapat didefinisikan sebagai kekayaan lancar yang terdapat pada perusahaan dalam bentuk persediaan bahan mentah (bahan baku/ raw material), barang setengah jadi (work in process) dan barang jadi (finished goods).
      Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa persediaan adalah berupa barang-barang atau aktiva milik perusahaan yang berupa barang-barang jadi, barang setengah jadi ataupun bahan mentah yang akan digunakan untuk proses produksi.

No comments:

Post a Comment