Sunday, March 24, 2013

Pengertian Efesiensi

      Sobat pembaca, efesiensi merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan secara optimal. Keberhasilan perusahaan dapat mencerminkan efesiensi yaitu apabila penggunaan bahan baku sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Pengertian Efesiensi 1
Admin
      Menurut Abdul Halim, Ahmad Tjahono dan Muh. Husein (2000:64), menyatakan bahwa “Efesiensi adalah ratio antara output atau jumlah output per unit dibandingkan input”. Sedangkan menurut H. Emerson (1998:15), mengatakan bahwa: “Efesiensi adalah perbandingan yang baik antara input dan output, antara keuntungan dengan biaya (antara pelaksanaan dengan sumber-sumber yang digunakan)”. Yang dimaksud dengan input di sini adalah semua sumber (resources) yaitu sarana dan prasarana yang digunakan dalam produksi barang maupun jasa. Sedangkan yang dimaksud dengan output adalah hasil produksi yang berwujud dan barang jadi. 
      Menurut Robert N. Antony, Jhon Dearden dan Norton N. Bedford alih : “Efesiensi menggambarkan berapa banyak masukan yang diperlukan untuk menghasilkan keluaran tertentu, unit organisasi efesien oleh unit yang menghasilkan keluaran dan pengggunaan masukan minimal atau menghasilkan keluaran terbanyak dengan masukan yang tersedia”.
Pengertian Efesiensi
Pengertian Efesiensi
      Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa efesiensi merupakan pelaksanaan operasi secara efektif tanpa adanya pemborosan yang berarti dalam pencapaian tujuan perusahaan, dimana unit organisasi yang paling efesien adalah yang menggunakan masukan yang tersedia secara optimal untuk menghasilkan keluaran yang maksimum.

No comments:

Post a Comment