Tuesday, February 12, 2013

Bauran Promosi (Promotion Mix)

      Sobat pembaca, kali ini Kreasi Kita mencoba membagikan tentang Bauran Promosi (Promotion Mix) yang merupakan lanjutan dari bauran pemasaran yang pernah disajikan sebelumnya. Kegiatan promosi tidak berhenti hanya pada memperkenalkan produk kepada konsumen saja, akan tetapi harus dilanjutkan dengan upaya mempengaruhi konsumen agar konsumen tersebut menjadi senang dan kemudian membeli produknya. Di dalam Kamus Istilah Ekonomi (Anorga : 2004): “Promotion Mix adalah Kombinasi yang paling tepat antara keempat promosi yaitu : Penjualan Pribadi (Personal Selling), Reklame (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Publisitas (Publicity)”.
Promotion Mix
      Menurut J. Stanton dalam Swastha (1984:238), Bauran Promosi adalah : “Kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variebel periklanan, personal selling dan alat promosi yang lain, yang semuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan”. Menurut Gitosudarmo (2000 : 237), Bauran Promosi adalah : “Kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh Perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut”.
      Kegiatan promosi bukan saja berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian atau penggunaan barang/jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
      Hal ini dilakukan dengan menggunakan alat-alat promosi. Menurut Lupiyoadi dan Hamdani (2008:120-123) bahwa Alat – alat Promosi tersebut disebut dengan Bauran Promosi (Promotion Mix), yang terdiri dari : 
  1. Periklanan (Advertising), merupakan salah satu bentuk dari komunikasi impersonal (impersonal communication) yang digunakan oleh perusahaan barang dan jasa. 
  2. Penjualan Perorangan (Personal Selling), adalah interaksi antar individu, saling bertemu untuk menciptakan, memperbaiki dan menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain.
  3. Promosi Penjualan (Sales Promotion), adalah semua kegiatan yang dimaksud untuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya.
  4. Hubungan Masyarakat (Public Relation), merupakan kiat pemasaran, dimana perusahaan tidak harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar.
  5. Informasi dari mulut ke mulut (Word Of Mouth), dimana pelanggan tersebut akan berbicara kepada pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalamannya dalam menerima barang/jasa tersebut.
  6. Pemasaran Langsung (Direct Marketing), adalah sistem pemasaran interaktif yang menggunakan salah satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan atau transaksi yang dapat diukur pada satu lokasi
      Akhirnya, demikianlah yang bisa Kreasi Kita sajikan, semoga dapat bermanfaat buat Sobat semua..
Salam..!!!

4 comments:

  1. Anonymous6:54 PM

    Bisa minta daftar pustaka yang menjadi dasar penulisan artikel ini?

    Mohon bantuannya.. Email saya vmelianalee@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya jika terlalu lama menunggu replynya..
      Saya akan kirim sesegera mungkin ..
      Thanks kunjungannya ya..
      Salam..

      Delete
  2. You can certainly see your expertise within the work you write. The sector hopes for more passionate writers like you who are not afraid to say how they believe. At all times follow your heart. try this

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks your attention...

      Delete