10/27/2018

Pengertian Komite Audit

Sobat pembaca, sekalipun saat ini dunia telah diramaikan oleh vlog, namun Admin tetap mempertahankan blog ini karena Admin percaya bahwa artikel yang tertuang dalam blog ini memungkinkan kita untuk mengolahnya dan menjadikan acuan untuk membuat karya ilmiah serta diharapkan dapat menambah khasanah pengetahuan kita bersama. Nah, Sobat semua.. Kali ini Admin membagikan tentang pengertian komite audit. Selamat membaca ya..

Pengertian Komite Audit
Pengertian Komite Audit
Komite Audit adalah sekelompok orang yang dipilih oleh kelompok orang yang lebih besar, untuk mengerjakan pekerjaan tertentu atau untuk melakukan tugas-tugas khusus. Menurut Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance (tata kelola perusahaan) mengenai Komite Audit adalah suatu komite yang beranggotakan satu atau lebih anggota Dewan komisaris dan dapat meminta kalangan luar dengan berbagai keahlian, pengalaman, dan kualitas lain yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Komite Audit.

Dalam keputusan Menteri BUMN Nomor : Kep-103/MBU/2002 memberikan pengertian bahwa Komite Audit Adalah suatu badan yang berada dibawah Komisaris yang sekurang-kurangnya minimal satu orang anggota Komisaris, dan dua orang ahli yang bukan merupakan pegawai BUMN yang bersangkutan yang bersifat mandiri baik dalam pelaksanaan tugasnya maupun pelaporannya dan bertanggung jawab langsung kepada Komisaris atau Dewan Pengawas. Sedangkan menurut keputusan Ketua Bapepam Nomor : Kep-41/PM/2003 menyatakan bahwa Komite Audit adalah komite yang dibentukoleh Dewan Komisaris dalam rangka membantu melaksanakan tugas dan fungsinya.

Jadi, Komite Audit adalah suatu badan yang berada dibawah dewan komisaris yang bertanggung jawab untuk membantu mengerjakan pekerjaan tertentu sesuai tujuan pembentukan komite audit yang bersifat mandiri baik dalam pelaksanaan tugasnya maupun pelaporannya.

Demikian saja ya Sob, semoga bermanfaat..
Jangan lupa dishare dan dikoment ya..
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...