9/19/2018

Sistem Pencatatan Persediaan

Lanjut lagi ya Sob,.
Sistem pencatatan persediaan mempunyai sistem dua teknik pencatatan yaitu sistem pencatatan periodik dan perpetual. Dalam perusahan pasti mempunyai sistem pencatatan yang berbeda-beda, pencatatan persediaan juga menentukan biaya dari persediaan, ada pun metode yang digunakan untuk menentukan persediaan yaitu : 
  1. Metode FIFO (First In First Out) pertama masuk pertama keluar adalah ketika barang yang paling akhir masuk, maka itulah yang lebih dahulu dikeluarakan. Tujuan dari met
    Sistem Pencatatan Persediaan
    Sistem Pencatatan Persediaan
    ode FIFO ini adalah agar masing-masing produk tidak tertimbun terlalu lama dan menghindari masa kadaluarsa produk.
  2. Metode LIFO (Last In First Out) terakhir masuk pertama keluar adalah ketika barang yang paling akhir masuk, maka itulah yang lebih dahulu dikeluarkan. Metode ini digunakan untuk memudahkan proses penataan, baik itu memasukkan maupun mengambil barang.
  3. Metode Rata-Rata (Average) adalah menghitung biaya perunit yang serupa pada awal periode dan biaya yang dibeli selama suatu periode menggunakan metode ini. Membagi biaya barang yang tersedia untuk dijual dengan unit yang tersedia adalah cara untuk menghitung biaya persediaan maka persediaan akhir dan beban pokok penjualan dapat di hitung dengan harga rata-rata.

Demikian saja ya postingannya kali ini, jangan lupa komentarnya.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...