Thursday, April 24, 2014

Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)

Sobat pembaca, kali ini Kreasi Kita mencoba membuat postingan tentang Ormas.. Atas segala kekurangannya, komentar Sobat pembaca sangat diharapkan.. Selamat membaca ya..
Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)
Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)
Organisasi Massa atau disingkat ORMAS adalah suatu istilah yang digunakan di Indonesia untuk bentuk organisasi berbasis massa yang tidak bertujuan politis. Bentuk organisasi ini digunakan sebagai lawan dari istilah partai politik.
Ormas dapat dibentuk berdasarkan beberapa kesamaan atau tujuan, misalnya: agama, pendidikan, sosial. Sebagai warga masyarakat dan warga negara setiap manusia Indonesia harus memegang semangat kekeluargaan dan semangat gotong-royong. Hal ini berarti bahwa kita sebagai warga negara harus mengadakan organisasi dan saling membantu. Negara kita yang berasaskan kekeluargaan, menghormati hak pribadi. Sebaliknya hak pribadi itu dilaksanakan dengan memperhatikan kepentingan bersama yaitu kepentingan nasional. Oleh karena itu, kepentingan nasional yang merupakan kepentingan bersama itu harus didahulukan daripada kepentingan pribadi atau golongan.
Berikut ini adalah jenis-jenis organisasi di masyarakat dari sudut pandang yang berbeda-beda:
  1. Berdasarkan prosespembentukannya terdiri dari: Organisasi Formal dan Organisasi Informal
  2. Berdasarkan tujuannya terdiri dari: Organisasi Sosial dan Organisasi Bisnis
  3. Berdasarkan hubungannya dengan Pemerintah terdiri dari: Organisasi Resmi dan Organisasi Tidak Resmi 
Organisasi didirikan oleh sekelompok orang tentu memiliki alasan. Seorang pakar bernama Herbert G. Hicks mengemukakan dua alasan mengapa orang memilih untuk berorganisasi:
  1. Alasan Sosial (social reason), sebagai “zoon politicon” artinya mahluk yang hidup secara berkelompok, maka manusia akan merasa penting berorganisasi demi pergaulan maupun memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang memiliki sasaran intelektual, atau ekonomi.
  2. Alasan Materi (material reason), melalui bantuan organisasi manusia dapat melakukan tiga macam hal yang tidak mungkin dilakukannya sendiri yaitu: dapat memperbesar kemampuannya, dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu sasaran, melalui bantuan sebuah organisasi, dapat menarik manfaat dari pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun. 
Nah, Sobat.. Demikian saja ulasan tentang Organisasi masyarakat.. Terimakasih ya atas kunjungannya..

No comments:

Post a Comment