Thursday, January 3, 2013

Perencanaan Pemeliharaan

      Kelancaran dari kegiatan usaha suatu perusahaan akan terganggu apabila terjadi kerusakan- kerusakan dari fasilitas peralatan produksi. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh kurangnya pemeliharaan pada peralatan tersebut sehingga kinerja dari peralatan itu tidak optimal dan produk yang dihasilkan berkualitas rendah, rusak ataupun peralatan sendiri rusak berat dan tidak berfungsi lagi dengan baik.
      Untuk menghindari terganggunya kontinuitas perusahaan maka dalam perencanaan perusahaan perlu diikut sertakan perencanaan terhadap pemeliharaan fasilitas peralatan produksi itu. Menurut Assauri (2004 : 103) hal- hal yang dapat menjelaskan betapa pentingnya perencanaan pemeliharaan fasilitas peralatan , yaitu: 
  1. Suatu perencanaan pemeliharaan meliputi usaha untuk menetapkan tujuan yang dipilih agar tercapai dengan baik sehingga perencanaan pemeliharaan dapat menunjang perencanaan produksi secara keseluruhan. Perencanaan pemeliharaan akan mengurangi atau menghilangkan sama sekali gangguan produksi , waktu produksi sesuai jadwal, mengurangi biaya produksi secara keseluruhan. 
  2. Memudahkan pelaksanaan kegiatan untuk mengidentifikasikan hambatan- hambatan yang timbul, yaitu berupa kerusakan- kerusakan yang mungkin timbul secara mendadak selama proses produksi atau pelaksanaan kerja konstruksi berjalan.

2 comments: