Thursday, January 3, 2013

Pembelian

      Menurut Kotler (2000: 201) , “Pembelian merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terdapat proses yang memuat berbagai langkah yang terjadi secara berurutan sebelum konsumen mengambil suatu keputusan untuk mendapatkan barang/jasa”. Sedangkan Anorga (2004: 413) mengemukakan bahwa, pembelian dapat diartikan sebagai “serangkaian tindakan untuk mendapatkan barang/ jasa melalui pertukaran dengan maksud dipergunakan sendiri atau untuk dijual lagi dengan atau tanpa diproses lebih lanjut sebelumnya”.
      Dalam melakukan pembelian setiap orang memainkan lima peran (Kotler, 2000:202) yaitu sebagai:
  1. Pencetus: seseorang yang pertama kali mengusulkan gagasan untuk membeli suatu produk atau jasa. 
  2. Pemberi pengaruh: seseorang yang pandangan atau sarannya mempengaruhi keputusan. 
  3. Pengambil keputusan: seseorang yang mengambil keputusan untuk setiap komponen keputusan pembelian, apakah membeli, tidak membeli, bagaimana membeli, dan dimana akan dibeli. 
  4. Pembeli: seseorang yang melakukan pembelian yang sesungguhnya.
      Pemakai: seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk atau jasa yang bersangkutan. Konsumen membuat banyak keputusan pembelian setiap hari. Oleh sebab itu perusahaan harus dapat mengetahui pembelian konsumen secara rinci untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang dibeli konsumen, dimana mereka membeli, dan mengapa mereka membeli. Dengan mengetahui hal-hal tersebut perusahaan dapat menciptakan suatu produk yang bermanfaat dan mudah dijangkau oleh konsumen.

No comments:

Post a Comment