4/02/2013

Konsep Anggaran Penjualan

      Sobat pembaca, komponen-komponen pokok konsep anggaran penjualan adalah sebagai berikut :
Konsep Anggaran Penjualan
Konsep Anggaran Penjualan
  1. Dasar-dasar penyusunan anggaran: 
    1. Menyusun tujuan perusahaan
    2. Menyusun strategi perusahaan
    3. Menyusun forcast perusahaan 
  2. Menyusun anggaran penjualan:
    1. Anggaran promosi dan advertensi
    2. Anggaran biaya-biaya penjualan
    3. Rencana pemasaran
      Anggaran penjualan disusun dengan menggunakan berbagai pendekatan (approach). Masing-masing cara pendekatan mempunyai konsekuensi yang berbeda-beda, sehingga perlu dipertimbangkan cara pendekatan mana yang paling menguntungkan. Dalam melakukannya perlu dipertimbangkan beberapa faktor, seperti:
  1. Karakteristik pasar yang dihadapi perusahaan seperti :
    1. Luas pasar
      1. Bersifat local 
      2. Bersifat regional
      3. Bersifat nasional
    2. Keadaan persaingan
      1. Bersifat monopoli
      2. Bersifat persaingan bebas
      3. Bersifat persaingan monopolistis
    3. Kemampuan pasar untuk menyerap barang
    4. Keadaan/ sifat konsumen, apakah konsumennya merupakan 
      1. Konsumen akhir
      2. Konsumen industri
  2. Kemampuan financial
    1. Kemampuan membiayai penelitian pasar yang dilakukan
    2. Kemampuan membiayai usaha-usaha untuk mencapai target penjualan (modal kerja)
    3. Kemampuan membeli bahan mentah untuk dapat memenuhi target penjualan
  3. Keadaan personalia 
    1. apakah jumlah tenaga kerja yang tersedia cukup, kurang atau berlebihan 
    2. apakah tenaga yang tersedia mampu untuk melakukan tugas-tugasnya agar target yang ditentukan tercapai
  4. Dimensi waktu Forecast penjualan, dapat dikatakan sebagai suatu teknik untuk memproyeksikan tingkat permintaan konsumen potensial pada suatu tahun tertentu dengan berbagai asumsi yang berbeda pula. Forecast penjualan merupakan suatu alat yang penting, yang dapat mempengaruhi manajer dalam membuat perencanaan penjualan. Perencanaan penjualan adalah juga meliputi perencanaan advertensi dan promosi, perencanaan biaya-biaya penjualan dan rencana pemasaran. Rencana pemasaran inilah yang kemudian sering dianggap sama dengan rencana penjualan, yakni mengkuatifisir penjualan salam rupiah dan unit untuk periode waktu yang tertentu
     Demikian saja Sob, saya harus berangkat kerja.. Hehehehe... Semoga bermanfaat ya...
logoblog

3 comments:

  1. Sama-sama Sob..
    Salam kenal juga..

    ReplyDelete
  2. met malam ,gan sebelum beristiraht ijin kan saya baca2 dulu y gan ,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Sob..
      Maaf telat responnya..
      Makasih ya kunjungannya...

      Delete

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...