4/08/2012

Manajemen Sumber Daya Manusia

      Manajemen sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola, mengatur, dan memanfaatkan pegawai sehingga dapat berfungsi secara produktif untuk tercapainya tujuan perusahaan. Sumber daya manusia di perusahaan perlu dikelola secara professional agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan organisasi perusahaan. Keseimbangan tersebut merupakan kunci utama perusahaan agar dapat berkembang secara produktif dan wajar. Perkembangan usaha dan organisasi perusahaan sangatlah bergantung pada produktivitas tenaga kerja yang ada diperusahaan.
      Beberapa definisi tentang manajemen sumber daya manusia yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya adalah: Manajemen sumber daya manusia adalah “penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai baik tujuan-tujuan individu maupun organisasi” (T. Hani Handoko 2001: 1). Sedangkan menurut Erni dan Kurniawan (2008: 194), Manajemen sumber daya manusia merupakan “sebuah proses serta upaya untuk merekrut, mengembangkan, motivasi, serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam pencapaian tujuannya”.
      Dari pengertian diatas, manajemen sumber daya manusia mencakup dari mulai memilih siapa saja yang mempunyai kualifikasi dan pantas untuk menempati posisi dalam perusahaan (the right man on the right place) seperti yang disyaratkan perusahaan hingga bagaimana agar kualifikasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan serta dikembangkan dari waktu ke waktu. Oleh karena manajemen sumber daya manusia merupakan proses yang berkelanjutan, sejalan dengan proses operasionalisasi perusahaan, maka perhatian terhadap sumber daya manusia ini memiliki tempat yang khusus dalam operasional perusahaan. Malayu Hasibuan (2007: 10) mengemukakan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan “ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efesien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, pegawai dan masyarakat”.
      Sementara Abdurrahmad Fathoni (2006: 9) menambahkan bahwa sumber daya manusia adalah “kekayaan yang paling penting, yang dimiliki oleh organisasi sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci bagi keberhasilan organisasi tersebut. Sedangkan menurut Michael di dalam Abdurrahmad Fathoni (2006: 9), manajemen sumber daya manusia adalah “proses pengendalian berdasarkan fungsi manajemen terhadap daya yang bersumber dari manusia”.
      Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari manajemen yang mengarah pada hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. Dengan kata lain bahwa manajemen sumber daya manusia mengatur tenaga kerja manusia sedemikian rupa sehingga terwujud tujuan perusahaan, kepuasan pegawai, dan masyarakat.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...