4/08/2012

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh Perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang dan untuk mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan.
Menurut American Marketing Assosiation didalam Wikipedia Bahasa Indonesia (2010 : 1) bahwa Manajemen Pemasaran adalah suatu proses merencanakan dan melaksanakan konsep, penentuan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk membuat suatu pertukaran yang memuaskan individu atau tujuan organisasi.
Sementara Philip Kotler didalam Wikipedia Bahasa Indonesia (2010:1) menyatakan bahwa : “Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.
Menurut Gitosudarmo (2000 : 3), Manajemen Pemasaran adalah : “Kegiatan pemasaran yang direncakan dengan baik, diorganisasikan, dikoordinasikan serta diawasi akan membuahkan hasil yang memuaskan”.
Defenisi – defenisi yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah perpaduan antara ilmu dan seni yang menerapkan setiap fungsi manajemen dalam hal pertukaran produk barang dan jasa yang disalurkan oleh produsen kepada konsumen kelompok sasaran dengan cara yang memuaskan yaitu analisis perencanaan dan pengawasan terhadap program yang telah dirancang untuk diciptakan, membangun dan mempertahankan dengan pasar sasaran untuk mencapai tujuan organisasi.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...