3/11/2013

Pentingnya Pelatihan Bagi Sumber Daya Manusia

      Sobat pembaca, pelatihan dapat dipandang sebagai suatu bentuk investasi. Oleh karena itu, setiap organisasi atau instansi yang ingin berkembang, maka pelatihan bagi pegawainya harus memperoleh perhatian yang besar. Pentingnya program pelatihan bagi suatu organisasi antara lain sebagai berikut (Soekidjo, 1998:27) :
Pentingnya Pelatihan Bagi Sumber Daya Manusia
Pentingnya Pelatiha
  1. Sumber daya manusia atau pegawai yang menduduki suatu jabatan tertentu dalam organisasi, belum tentu mempunyai kemampuan yang sesuai dengan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan tersebut. Hal ini terjadi karena sering seseorang menduduki jabatan tertentu bukan karena kemampuannya melainkan karena tersedianya formasi. Oleh sebab itu pegawai atau staff baru ini perlu penambahan atau peningkatan kemampuan yang mereka perlukan.
  2. Dengan adanya kemajuan ilmu dan teknologi, jelas akan mempengaruhi suatu organisasi/ instansi. Oleh sebab itu jabatan-jabatan yang dulu belum diperlukan, sekarang diperlukan. Kemampuan orang yang akan menempati jabatan tersebut kadang-kadang tidak ada. Dengan demikian maka diperlukan penambahan atau peningkatan kemampuan yang diperlukan oleh jabatan tersebut.
  3. Promosi dalam suatu organisasi/ instansi adalah suatu keharusan apabila organisasi itu mau berkembang. Pentingnya promosi bagi seseorang adalah sebagai salah satu reward dan insentive (ganjaran dan perangsang). Adanya ganjaran dan perangsang yang berupa promosi dapat meningkatkan produktivitas kerja bagi seorang pegawai yang akan dipromosikan untuk menduduki jabatan tertentu ini masih belum cukup. Untuk itulah maka diperlukan pendidikan atau pelatihan tambahan.
  4. Didalam masa pembangunan ini organisasi/instansi, baik pemerintah maupun swasta merasa terpanggil untuk mengadakan pelatihan bagi para pegawainya agar diperoleh efektifitas dan efisiensikerja sesuai dengan masa pembangunan. Pelatihan mempunyai andil yang besar dalam menentukan efektifitas dan efisiensi organisasi. 
      Menurut Simamora (1997:349) beberapa manfaat nyata yang didapat dari program pelatihan adalah: 
  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja pegawai 
  2. Mengurangi waktu belajar yang dibutuhkan oleh pegawai agar mencapai standar kinerja yang diterima.
  3. Menciptakan sikap loyalitas dan kerja sama yang lebih menguntungkan.
  4. Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia.
  5. Mengurangi jumlah dan biaya kecelakaan kerja.
  6. Membantu pegawai dalam peningkatan dan pengembangan pribadi mereka.
  7. Membantu pegawai dalam mengaplikasikan teknologi yang digunakan.
  8. Membantu memecahkan permasalahan operasional.
      Pada garis besarnya dibedakan adanya dua macam teknik yang digunakan dalam pelatihan pegawai yakni (Hani Handoko, 1985:80): 
  1. Metode diluar pekerjaan (off the job site). Pelatihan dengan menggunakan metode ini berarti pegawai sebagai peserta diklat keluar sementara dari kegiatan atau pekerjaannnya. 
  2. Metode di dalam pekerjaan (on the job site). Pelatihan ini berbentuk penugasan pegawai-pegawai baru kepada supervisor-supervisor yang telah berpengalaman (senior). Hal ini berarti meminta kepada para pegawai yang telah berpengalaman untuk membimbing atau mengajarkan kepada pegawai baru
      Demikian saja Sob, semoga bermanfaat ya..
logoblog

2 comments:

  1. info yg bermanfaat sob ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sory Sob, jaringan lagi-lagi tidak mendukung sehingga Sobat menunggu lama untuk reply komentnya..
      Sama-sama Sob..
      Jangn pernah jenuh ya untuk berkunjung..
      Happy blogger...

      Delete

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...