3/25/2013

Indikator dan Pengembangan Budaya Organisasi

  • Indikator Budaya Organisasi
      Indikator budaya organisasi dapat dikemukakan sebagai berikut: 
    Indikator dan Pengembangan Budaya Organisasi
    Indikator dan Pengembangan Budaya Organisasi
    1. Inovatif memperhitungkan resiko, artinya bahwa setiap karyawan akan memberi perhatian yang sensitif terhadap segala permasalahan yang mungkin dapat resiko kerugian bagi kelompok organisasi secara keseluruhan.
    2. Memberikan perhatian pada setiap masalah secara detail didalam melakukan pekerjaan, akan menggambarkan ketelitian dan kecermatan dari karyawan didalam melaksanakan tugasnya.
    3. Berorientasi pada hasil yang akan dicapai. Supervisi seorang manajer terhadap bawahannya merupakan salah satu cara manajer untuk mengarahkan dan memberdayakan mereka. Melalui supervisi ini dapat diuraikan tujuan organisasi dan kelompok serta anggotanya.
    4. Berorientasi kepada semua kepentingan karyawan. Keberhasilan atau kinerja organisasi salah satunya ditentukan oleh tim kerja (Teams Work), dimana kerjasama tim dapat dibentuk apabila manajer dapat melakukan supervisi dengan baik terhadap bawahannya.
    5. Agresif dalam bekerja. Produktivitas tinggi dapat dihasilkan apabila performa karyawan dapat memenuhi standar yang dibutuhkan untuk melakukan tugasnya. Performa yang baik dimaksudkan antara lain kualifikasi keahlian (Ability and skill) yang dapat memenuhi persyaratan produktivitas serta harus di ikuti dengan disiplin dan kerajinan yang tinggi.
    6. Mempertahankan dan menjaga stabilitas kerja. Karyawan harus mampu menjaga kondisi kesehatannya agar tetap prima, kondisi seperti ini hanya dapat dipenuhi apabila secara teratur mengkonsumsi makanan bergizi berdasarkan nasehat ahli gizi. 
  • Pengembangan Budaya Organisasi
      Budaya organisasi menurut Cross dan Shicman dapat dikembangkan dengan menggunakan metode yang dapat membuat suatu kondisi (Conditioning), dimana budaya organisasi dapat menjadi suatu keterpaduan budaya. 
    1. Pengembangan Budaya Sesuai dengan Tuntutan Sejarah. Membuat kondisi dimana organisasi mengidentifikasikan tuntutan berdasarkan komitmen sejarah (Historycal) dari orang-orang terdahulu yang dianggap sebagai pahlawan didalam pembangunan dan pengembangan ekonomi sosial, serta politik baik didalam lingkup perusahaan maupun lingkup regional, nasional, maupun internasional.
    2. Kreatifitas dan Pemahaman Keutuhan. Mengkondisikan bahwa kreatifitas dan pemahaman akan keutuhan anggota dapat dibentuk dengan metode kepemimpinan dan aturan yang berlaku secara tersurat maupun tersirat, demikian juga etika dalam berkomunikasi (Norm and Values) harus dijunjung tinggi. Kreatifitas merupakan efek dan proses berpikir dari orang apabila dapat dikembangkan berdasarkan nilai dan norma serta aturan yang berlaku akan dapat dikembangkan menjdi salah satu aspek dalam menciptakan inovasi. 
    3. Promosi, Pemahaman Tentang Anggota. Perencanaan karir yang baik yang merupakan hasil dan kebijakan manajemen, yang menggambarkan program promosi berjalan secara alamiah dan terstruktur sesuai dengan rencana yang disusun berdasarkan tuntutan perubahan. Program promosi akan dapat berjalan apabila performa karyawan sesuai standar dan berkembang menurut eskalasi tuntutan jabatan, dan sistem penghargaan berjalan dengan baik.
    4. Tingkat Pertukaran Diantara Anggota. Melakukan pertukaran diantara sesama anggota yang lebih sering dilakukan dengan tujuan menciptakan kebersamaan dan pendalaman pada masing-masing bidang keterampilan disetiap anggota. Tingkat pertukaran dapat dimulai dengan memfasilitasi kotak antara sesama anggota organisasi. 
      Demikian Sob, moga bermanfaat ya...
logoblog

4 comments:

  1. Integritas itu juga penting gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya Sob..
      Karena hal itu merupakan perekat dalam organisasi..
      Makasih ya masukan dan kunjungannya...
      Jangan pernah jenuh ya...
      Salam...

      Delete
  2. Dah ane follow sob,, salam kenal ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Sob, thanks ya..
      Salam kenal juga..

      Delete

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...