2/17/2013

Pengertian Belajar

      Segala sesuatu dimulai dari proses belajar. Nah, kali ini Kreasi Kita mencoba membagikan pengertian belajar menurut para ahli. Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu untuk mencapai suatu perubahan positif dan ditunjukan untuk taraf kehidupan.
Belajar
      Menurut Hamalik (2001:27) bahwa:“Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman”. Winkel (1987:36) mengatakan bahwa: “Belajar merupakan aktivitas mental ataupun kejiwaan yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan serta pemahaman nilai sikap, perubahan yang bersifat konstan dan bermakna”. Sudjana (1987:5) mengatakan bahwa: “Belajar adalah suatu perubahan yang bersifat permanent dalam suatu kecenderungan tingkah laku sebagai hasil praktis atau latihan”.
      Gagne mengemukakan bahwa: “Belajar terjadi apabila suatu situasi stimululus bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga perbuatan berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu kewaktu ia mengalami situasi tadi”(Purwanto, 1990:84).
      Berdasarkan pengertian-pengertian belajar tersebut diatas dapat dikatakan bahwa belajar terjadi pada suatu situasi tertentu yang mengakibatkan terjadinya perubahan di dalam kepribadian siswa sehingga siswa itu memiliki kecakapan dan kepandaian terhadap bahan ajar yang telah dipelajari.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...