2/28/2013

Karakteristik dan Klasifikasi Jasa

      Masih seputar jasa Sobat, Menurut Griffin di dalam Lupiyoadi dan Hamdani (2008 : 6), menyebutkan karakteristik jasa sebagai berikut : 
Karakteristik dan Klasifikasi Jasa
  • Intangibility (tidak berwujud). Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai tak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan dan kenyamanan
  • Unstorability (tidak dapat disimpan). Jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan. Karakteristik ini disebut juga inseparability (tidak dapat dipisahkan), mengingat pada umumnya jasa dihasilkan dan dikonsumsi secara bersamaan. 
  • Customizion (kustomisasi). Jasa sering kali didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam penyampaian jasa dapat dibedakan menjadi lima kategori yang disusun atas dasar bagian-bagian dari jasa khususnya :
  1. Barang berwujud murni, yaitu tawaran kepada costumer langsung berupa barang yang dapat digunakan langsung tanpa adanya perantara dan biasanya produk tersebut habis pakai. Misal: sabun mandi, pasta gigi, makanan instant, buku tulis dan nyata tidak ada unsur jasa yang menyertai produk tersebut.
  2. Barang berwujud yang disertai layanan, yaitu penawaran kepada costumer dengan memberikan pelayanan khusus ketika costumer membeli produk tersebut. Jasa antara produk nyata dengan jasa itu beriringan sepaket dalam melayani costumer. Misal penjualan Mobil dan Motor mereka tidak hanya menawarkan produk yang dijual tapi juga menyediakan ruang pamer (showroom), service gratis, pemberian garansi dan lain-lain. Konsep para penjual produk yang beriringan dalam memberikan pelayanan biasanya menggunakan prinsip “menjual jasa demi laba”.
  3. Campuran, yaitu penawaran produk yang langsung jasa sebagai aplikasi dalam pemasarannya. Misal Restoran makanan, kafe minuman, jadi costumer datang untuk membeli makanan di restoran sekaligus merasakan palayanan sebagai pilihan pokoknya. Pelayanan disini menjadi tolak ukur dalam meraih pelanggan. 
  4. Jasa utama yang disertai barang dan jasa tambahan, yaitu tawaran jasa yang diikuti jasa tambahan atau produk pendukung. Misal ketika kita membeli tiket kereta api eksekutif maka pelayanan dan jasa yang dibedakan dengan kelas lainnya diberikan makanan dan minuman dalam perjalanan ke tujuan penumpang. 
  5. Jasa Murni, yaitu tawaran yang hanya unsur jasa yang murni tanpa adanya penambahan produk. Misal tempat penitipan anak, phsikoterapi dan jasa akupuntur.
      Nah Sobat, berdasarkan uraian di atas, maka jasa dapat diklasifikasikan dalam beberapa bentuk :
  • Jasa Bisnis
  • Jasa Komunikasi
  • Jasa Konstruksi dan Jasa Tekhnik
  • Jasa Distribusi 
  • Jasa Pendidikan
  • Jasa Lingkungan Hidup
  • Jasa Keuangan 
  • Jasa Kesehatan dan Jasa Sosial 
  • Jasa Kepariwisataan dan Jasa Sosial
  • Jasa Rekreasi, Budaya dan Olahraga 
  • Jasa Transportasi
  • Jasa lain-lain.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang ramah dan sopan serta tidak mengandung ujaran kebencian dan unsur sara. Blog Kreasi Kita akan menghapus secara otomatis komentar yang tidak membangun atau spam.

loading...