Thursday, January 3, 2013

Tujuan dan Kegiatan Pemeliharaan

      Pelaksanaan pemeliharaan terhadap fasilitas peralatan kerja bertujuan untuk memberikan manfaat kepada perusahaan yang bergerak dalam bidang kontruksi. Menurut Assauri (2004: 95) tujuan pemeliharaan tersebut adalah:
  1. Mempertahankan kemampuan alat atau fasilitas peralatan guna memenuhi kebutuhan sesuai dengan target atau rencana produksi.
  2. Menjaga agar kualitas produk/ hasil kerja konstruksi berada pada tingkat yang diharapkan guna memenuhi apa yang dibutuhkan produk itu sendiri dan menjaga agar kegiatan produksi tidak mengalami gangguan.
  3. Untuk mengurangi pemakaian dan penyimpangan diluar batas dan menjaga modal yang diinvestasikan dalam perusahaan selama jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan.
  4.  Untuk mencapai tingkat biaya serendah mungkin, dengan melaksanakan kegiatan pemeliharaan secara efektif dan efesien secara keseluruhan. 
  5. Memperhatikan dan menghindari kegiatan- kegiatan operasi peralatan yang dapat membahayakan keselamatan kerja.
  6. Mengadakan suatu kerjasama yang erat dengan fungsi- fungsi utama lainnya dari suatu perusahaan dalam rangka untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu tingkat keuntungan atau return of investment yang sebaik mungkin dari total biaya yang rendah. 
      Dalam upaya suatu perusahaan untuk mempertahankan kelancaran pelaksanaan kerja maka diperlukan beberapa kegiatan serta tindakan yang sangat erat hubungannya dengan pemeliharaan fasilitas peralatan. Menurut Assauri (2004 : 99) kegiatan atau aktifitas yang dimaksud adalah:
  1. Inspeksi (inspections) meliputi kegiatan pengecekan atau pemeriksaan secara berkala terhadap peralatan yang mengalami kerusakan dan membuat laporan- laporan dari hasil inspeksi tersebut.
  2. Kegiatan teknik, yaitu pengembangan peralatan atau komponen peralatan yang perlu diganti, serta melakukan penyelidikan terhadap kemungkinan pengembangan peralatan. 
  3. Kegiatan produksi, kegiatan ini merupakan kegiatan memperbaiki dan mereperasi mesin- mesin atau peralatan.
  4. Pekerjaan administrasi (clerical work), kegiatan ini berhubungan dengan pencatatan- pencatatan mengenai biaya- biaya yang terjadi dalam melakukan pekerjaan pemeliharaan serta penyusunan planning dan jadwal perbaikan peralatan.

2 comments: